Jumat, 23 Mei 2008

Jenis-Jenis Penyakit Hati (Hepar)

Jenis-Jenis Penyakit Hati (Hepar)

Hati (liver) merupakan organ terbesar dalam tubuh manusia. Di dalam hati terjadi proses-proses penting bagi kehidupan kita, yaitu proses penyimpanan energi, pembentukan protein dan asam empedu, pengaturan metabolisme kolesterol, dan penetralan racun/obat yang masuk dalam tubuh kita. Sehingga dapat kita bayangkan akibat yang akan timbul apabila terjadi kerusakan pada hati.

Beberapa Penyakit Hati antara lain :

  • Penyakit hati karena infeksi (misalnya hepatitis virus) Yaitu ditularkan melalui makanan & minuman yang terkontaminasi, suntikan, tato, tusukan jarum yang terkontaminasi, kegiatan seksual, dll.

  • Penyakit hati karena racun (misalnya karena alkohol atau obat tertentu)
    Alkohol bersifat toksik terhadap hati. Adanya penimbunan obat dalam hati (seperti acetaminophen) maupun gangguan pada metabolisme obat dapat menyebabkan penyakit pada hati.

  • Genetik atau keturunan (misalnya hemochromatosis)

  • Gangguan Imun (misalnya hepatitis autoimun) Penyakit autoimun merupakan penyakit yang ditimbulkan karena adanya perlawanan terhadap jaringan tubuh sendiri. Pada hepatitis autoimun umumnya yang dilawan adalah sel-sel hati, sehingga terjadi peradangan yang kronis.

  • Kanker (misalnya Hepatocellular Carcinoma) Kanker hati dapat disebabkan oleh senyawa karsinogenik diantaranya aflatoxin, polyvinyl chloride (bahan pembuatan plastik), virus, dll. Aflatoxin merupakan racun yang diproduksi oleh Aspergillus flavus dan dapat mengkontamisani makanan selama penyimpanan, seperti kacang-kacangan, padi & singkong terutama pada daerah tropis. Hepatitis B dan C maupun sirosis hati dapat berkembang menjadi kanker hati.

Bentuk perhatian pada HATI dapat kita lakukan dengan menghindari hal-hal yang dapat menimbulkan penyakit hati

Beberapa penyakit hati yang umum terjadi dan pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi :

HEPATITIS
Hepatitis adalah peradangan pada sel-sel hati. Virus merupakan penyebab hepatitis yang paling sering, terutama virus hepatitis A, B, C, D dan E. Pada umumnya penderita hepatitis A & E dapat sembuh, sebaliknya hepatitis B & C dapat menjadi kronis. Virus hepatitis D hanya dapat menyerang penderita yang telah terinfeksi virus hepatitis B dan dapat memperparah keadaan penderita.

Pemeriksaan laboratorium diperlukan untuk memastikan diagnosis hepatitis karena penderita hepatitis sering tidak bergejala atau gejala tidak khas.

Pemeriksaan untuk hepatitis akut :

  • Enzim GOT, GPT

  • Penanda hepatitis A (Anti HAV IgM)

  • Penanda hepatitis B (HBsAg, Anti HBc IgM)

  • Penanda hepatitis C (Anti HCV, HCV RNA)

  • Penanda hepatitis E (Anti HEV IgM)

Pemeriksaan untuk hepatitis kronis :

  • Enzim GOT, GPT

  • Penanda hepatitis B (HBsAg, HBe, Anti HBc, Anti HBe, HBV DNA)

  • Penanda hepatitis C (Anti HCV, HCV RNA)

Penanda imunitas :

  • Anti HAV

  • Anti HBsAg

SIROSIS HATI

Sirosis hati adalah keadaan penyakit yang sudah lanjut dimana fungsi hati sudah sangat terganggu akibat banyaknya jaringan ikat di dalam hati. Sirosis hati dapat terjadi karena virus Hepatitis B dan C yang berkelanjutan, karena alkohol, salah gizi, atau karena penyakit lain yang menyebabkan sumbatan saluran empedu. Sirosis tidak dapat disembuhkan, pengobatan dilakukan untuk mengobati komplikasi yang terjadi (seperti muntah dan berak darah, asites/perut membesar, mata kuning serta koma hepatikum).

Pemeriksaan untuk mendeteksi sirosis hati : Enzim GOT, GPT (rasio GOT/GPT > 1), Waktu Protrombin, Protein Elektroforesis

KANKER HATI

Kanker hati terjadi apabila sel kanker berkembang pada jaringan hati. Kanker hati yang banyak terjadi adalah Hepatocellular carcinoma (HCC). HCC merupakan komplikasi akhir yang serius dari hepatitis kronis, terutama sirosis yang terjadi karena virus hepatitis B, C dan hemochromatosis.

Pemeriksaan untuk mendeteksi kanker hati : AFP, PIVKA II

PERLEMAKAN HATI

Perlemakan hati terjadi bila penimbunan lemak melebihi 5 % dari berat hati atau mengenai lebih dari separuh jaringan sel hati. Perlemakan hati ini sering berpotensi menjadi penyebab kerusakan hati dan sirosis hati. Kelainan ini dapat timbul karena mengkonsumsi alkohol berlebih disebut ASH (Alcoholic Steatohepatitis), maupun bukan karena alkohol disebut NASH (Nonalcoholic Steatohepatitis).

Pemeriksaan pada perlemakan hati : Enzim GOT, GPT, Fosfatase Alkali

KOLESTASIS DAN JAUNDICE

Kolestasis merupakan keadaan akibat kegagalan memproduksi dan /atau pengeluaran empedu. Lamanya menderita kolestasis dapat menyebabkan gagalnya penyerapan lemak dan vitamin A, D, E, K oleh usus, juga adanya penumpukan asam empedu, bilirubin dan kolesterol di hati.

Adanya kelebihan bilirubin dalam sirkulasi darah dan penumpukan pigmen empedu pada kulit, membran mukosa dan bola mata disebut jaundice. Pada keadaan ini kulit penderita terlihat kuning, warna urin menjadi lebih gelap, sedangkan faeces lebih terang.

Pemeriksaan untuk kolestasis dan jaundice : Fosfatase Alkali, Gamma GT, Bilirubin Total, Bilirubin Direk

HEMOCHROMATOSIS
Hemochromatosis merupakan kelainan metabolisme besi yang ditandai dengan adanya pengendapan besi secara berlebihan di dalam jaringan. Penyakit ini bersifat genetik/keturunan.

Pemeriksaan laboratorium untuk hemochromatosis : Transferin, Ferritin

TIPS bagi Penderita Penyakit Hati

- Diet seimbang. Jumlah kalori yang dibutuhkan disesuaikan dengan tinggi badan, berat badan, dan aktivitas. Pada keadaan tertentu diperlukan diet rendah protein

- Banyak makan sayur dan buah serta melakukan aktivitas sesuai kemampuan untuk
mencegah sembelit

- Menjalankan pola hidup yang teratur

- Konsultasi dengan dokter Anda

TIPS Mencegah Hepatitis

  1. Senantiasa menjaga kebersihan diri dan lingkungan

  2. Menghindari penularan melalui makanan & minuman yang terkontaminasi, suntikan, tato, tusukan jarum yang terkontaminasi, kegiatan seksual, dll.

  3. Bila perlu menggunakan jarum yang disposable/sekali pakai

  4. Pemeriksaan darah donor tehadap hepatitis virus

  5. Program vaksinasi hepatitis B


9 komentar:

medical center mengatakan...

assalamualaikum....
saya bermaksud berbagi informasi tentang hepar.bagi yang berminat mendalami tentang hepar, dapat berkunjung ke situs http://liver-hc.blogspot.com semoga bermanfat

harry mengatakan...

assalmaualikum....saya bisa minta tolong? klo boleh tolng pasang link saya ya.....untuk promosi, terimakasih...
http://liver-hc.blogspot.com

desycute mengatakan...

alhamdulilah berkat blog anda saya dapat mengerjakan tugas dengan mudah.

maralda mengatakan...

salut sama kata-kata anda, mas..
thanks infonya serta kata-kata bijaknya.
:)

syaefudin mengatakan...

terima kasih banyak atas informasinya,
dengan ini saya dengan mudah untuk mendapatkan informasi seputar penyakit hati ini
terima kasih banyak

azhari mengatakan...

sebelumnya terima kasih banyak atas informasinya.
dan semoga anda dapat sering berbagi dengan kami dalam membagi ilmu seputar kesehatan

syaefudin21 mengatakan...

TERIMA KASIH BANYAK GAN
kalo bisa agan kirimin artikel terbarunya yah ke
syaefudin21@gmail.com
salam kenal

Obat Herbal Stroke mengatakan...

terimaksihh untuk informasinya gann.

Pusat Penjualan Obat Herbal mengatakan...

mantap,,informasi penyakit selalu dibutuhkan dan bermanfaat,,thaks ya,,
kunjungi juga web saya tentang obatnya